Crackers adalah salah satu camilan yang paling umum ditemukan di berbagai belahan dunia. Meskipun sederhana dalam bentuk dan rasa, crackers memiliki sejarah panjang dan kaya yang mencerminkan perjalanan manusia dalam mencari makanan yang praktis dan tahan lama. Melansir dari The Wall Street Journal, berikut asal-usul dan evolusi crackers dari masa ke masa!

Asal-Usul Crackers

Sejarah crackers dapat ditelusuri kembali ke zaman kuno. Masyarakat Mesir kuno, Yunani, dan Romawi sudah membuat roti pipih yang mirip dengan crackers. Namun, bentuk crackers modern seperti yang kita kenal sekarang mulai berkembang pada abad ke-18 dan ke-19.

Crackers Modern Awal

Crackers pertama kali diciptakan sebagai makanan praktis dan tahan lama untuk pelaut dan tentara. Pada tahun 1801, seorang tukang roti dari Massachusetts, Amerika Serikat, bernama Josiah Bent, mulai membuat roti pipih yang dikenal sebagai “water crackers.” Produk ini dikenal karena daya tahannya yang lama, sehingga menjadi bekal yang sempurna untuk perjalanan panjang.

Hardtack: Simbol Ketahanan

Salah satu bentuk awal crackers yang terkenal adalah hardtack. Hardtack adalah roti keras yang terbuat dari tepung, air, dan sedikit garam. Makanan ini sangat populer di kalangan tentara selama Perang Saudara Amerika karena mudah disimpan dan tahan lama. Meskipun rasanya sederhana, hardtack menjadi simbol ketahanan dan kesederhanaan.

Evolusi Crackers di Era Modern

Dengan berkembangnya teknologi pangan dan kebutuhan konsumen, crackers mengalami banyak perubahan. Crackers mulai diproduksi dalam berbagai bentuk, rasa, dan tekstur untuk memenuhi selera yang berbeda.

Pada akhir abad ke-19, crackers yang dikenal sebagai soda crackers atau saltines mulai populer. Soda crackers dibuat dengan menggunakan soda kue sebagai agen pengembang, memberikan tekstur yang ringan dan renyah. Saltines, varian dari soda crackers, terkenal karena rasa asin yang khas dan sering disajikan dengan sup atau keju.

Diversifikasi Produk

Pada abad ke-20, industri makanan terus berinovasi dengan menciptakan berbagai jenis crackers, seperti graham crackers, oyster crackers, dan cheese crackers. Graham crackers, yang diciptakan oleh Sylvester Graham pada tahun 1829, awalnya dipromosikan sebagai makanan sehat dan kini sering digunakan dalam pembuatan kue pai dan s’mores.

Crackers di Indonesia

Crackers juga memiliki tempat istimewa di hati masyarakat Indonesia. Dengan berbagai merek lokal dan internasional yang tersedia, crackers sering dijadikan camilan sehari-hari atau pendamping teh dan kopi.

Wah, panjang juga ya sejarah dan evolusi crackers! Dari hardtack yang sederhana hingga berbagai varian modern yang lezat, crackers telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya makan di seluruh dunia. Dalam setiap gigitan crackers, kita tidak hanya menikmati rasa dan tekstur, tetapi juga kisah panjang yang menyertainya. Semoga membantu!

 

 

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *